Visi

  • Pernyataan Visi
Visi dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2016 – 2021 adalah :

“Terwujudnya Kedaulatan Pangan Masyarakat Mandailing Natal melalui Peningkatan Disversifikasi dan Ketahanan Pangan, Nilai Tambah dan Daya Saing Produk Pangan serta SDM yang Profesional, Mandiri, dan Berorientasi bio-industri berkelanjutan”.

 

  • Penjelsan Visi

    a. Kedaulatan Pangan adalah: Hak untuk menentukan kebijakan pangan yang menjamin hak atas pangan bagi rakyat dan yang memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal.
    b. Masyarakat Mandailing Natal adalah: Seluruh penduduk yang secara administratif berdomisili di Wilayah Kabupaten Mandailing Natal.
    c. Peningkatan adalah: Upaya menuju kondisi yang lebih baik dari sebelumnya.
    d. Diversivikasi Pangan adalah: Penganekaragaman produk dan sumber pangan.
    e. Ketahanan Pangan adalah: Kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.
    f. Nilai Tambah  (Value Added) adalah: Manfaat tambahan yang diperoleh selai dari hasil produksi utama melalui serangkaian pengelolaan pasca panen, produk olahan, produk turunan, teknik pengkemasan dan pemasaran.
    g. Daya Saing adalah : keunggulan dan kemampuan bersaing dengan produk pangan sejenis (Substitusions goods) dari daerah lain maupun produk pangan yang saling melengkapi (Complementers goods).
    h. Produk Pangan adalah: Pangan yang bersumber dari produk lokal maupun dari luar daerah yang memenuhi kandungan gizi yang cukup, bersih, halal dan aman untuk dikonsumsi.
    i. SDM adalah: Seluruh komponen Aparatur PNS Struktural, PNS Fungsional, dan Tenaga Administrasi Honorer serta pelaku utama/pelaku usaha pada bidang pangan.
    j. Profesional adalah: Bekerja atau berusaha menurut kaidah, norma, dan peraturan konvensional yang berlaku dan senantiasa mengikuti perkembangan informasi, inovasi dan teknologi secara tepat.
    k. Mandiri adalah: Bekerja atau berusaha sendiri dalam batasan tertentu setelah memanfaatkan suber daya yang dimilikinya.
    l. Berorientasi bio-industri adalah: orientasi atau fokus kepada industri dengan bahan baku yang meningkatkan pemanfaatan biomassa sebagai upaya meningkatkan manfaat produk turunannya.
    m. Berkelanjutan adalah: terlaksana terus-menerus, dengan memperhatikan aspek daya dukung lahan dan lingkungan dan pengetahuan lokal.
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker